Makanan Penyebab Asam Lambung Yang Wajib Anda Hindari

Makanan Penyebab Asam Lambung Yang Wajib Anda Hindari

Kesehatan

GERD atau yang disebut sebagai gastroesophageal reflux disease merupakan sebuah penyakit yang cukup membuat tidak nyaman tubuh. Penyakit ini diakibatkan oleh asam lambung yang mengiritasi dinding dari lambung atau saluran pencernaan. Hal ini disebabkan asam lambung masuk ke dalam saluran pencernaan manusia sehingga akan mengiritasi lambung mereka. Masuknya asam lambung tersebut ke dalam saluran pencernaan akan mengakibatkan refluks asam dalam tubuh seperti mual atau tenggorokan pahit. Perasaan seperti dada yang terbakar juga menjadi salah satu hal yang diakibatkan masuknya asam lambung kedalam saluran cerna.

GERD atau yang kerap dikenal sebagai penyakit asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh peningkatan atau naiknya asam lambung kedalam sistem cerna. Peningkatan asam lambung tersebut biasanya terjadi karena melemahnya katup pada lambung yang mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan dan mengiritasi kerongkongan. Hal tersebut dapat dirasakan kerongkongan akan terasa asam ketika GERD sedang kambuh.

Penyakit asam lambung juga dapat dipicu oleh beragam makanan yang menstimulasi tingginya asam dalam tubuh. Beberapa macam makanan masuk kedalam makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika anda memiliki riwayat penyakit asam lambung ataupun memakan makanan tersebut dalam frekuensi yang tinggi. Hal tersebut akan mengakibatkan berbagai kesalahan fatal dan semakin memperburuk keadaan dan kondisi anda. Berikut merupakan makanan penyebab asam lambung yang wajib anda hindari:

  1.   Makanan pedas

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan pedas merupakan makanan penyebab asam lambung dan wajib dihindari oleh penderita GERD. Makanan pedas mengandung kandungan asam yang cukup tinggi. Bagi para penderita GERD, asam lambung mereka sudah tinggi dan jika anda mengonsumsi makanan pedas juga maka asam dalam lambung tersebut akan terakumulasi dan semakin mengiritasi lambung atau sistem pencernaan anda lainnya. Hal tersebut tentunya akan memperburuk kondisi anda. Terlebih ketika makanan pedas tersebut juga dibarengi dengan kandungan lemak yang tinggi maka kadar asam lambung juga akan semakin naik dan membuat anda tidak nyaman.

  1.   Alkohol

Alkohol memiliki senyawa asam dalam kandungannya tersebut. Dimana hal tersebut menyebabkan alkohol menjadi salah satu makanan penyebab asam lambung yang harus dihindari. Alkohol akan melemahkan otot dalam perut terutama katup pada lambung sehingga asam lambung dapat keluar dengan mudahnya dan akan mengiritasi sistem pencernaan. Hal tersebut menyebabkan penyakit GERD atau asam lambung anda tidak membaik.

  1.   Gorengan

Makanan penyebab asam lambung lainnya adalah gorengan. Dimana gorengan memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam makanannya tersebut. Lemak merupakan senyawa yang dalam pemecahan molekulnya membutuhkan asam yang cukup banyak. Konsumsi lemak yang cukup tinggi akan memberikan reaksi dan melukai lambung sehingga terkadang menyebabkan nyeri dan rasa terbakar pada dada.

  1.   Minuman bersoda

Minuman bersoda menjadi makanan penyebab asam lambung lain yang harus dihindari. Dimana makanan ini mengandung kandungan asam yang cukup tinggi. Minuman soda masuk ke dalam minuman berkarbonasi yang akan memicu refluks asam lambung dalam sistem pencernaan. Tentunya hal tersebut akan membuat tubuh tidak nyaman.

  1.   Kopi

Kopi mengandung kafein dimana komponen tersebut bersifat asam. Hal tersebut menyebabkan kopi menjadi makanan penyebab asam lambung yang harus dihindari lainnya. Kopi akan memicu tingginya asam dalam lambung yang akan mengiritasi lambung. Bila dilanjutkan akan menyebabkan lambung teriritasi. Maka dari itu, penderita GERD tidak dapat mengonsumsi kopi dalam bentuk apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *