Nyeri Punggung Bawah Saat Bangun Tidur, Ketahui Penyebabnya

Nyeri Punggung Bawah Saat Bangun Tidur, Ketahui Penyebabnya

Kesehatan

Nyeri punggung bawah saat bangun tidur bisa karena kurang gerak. Banyak alasan mengapa saat bangun tidur punggung bagian bawah akan terasa sakit.

Seharian mungkin aktivitas tidak hanya digunakan untuk berjalan maupun bergerak. Justru kebanyakan aktivitas yang dilakukan setiap hari hanya dengan duduk.

Misalnya saat bekerja, makan, berangkat hingga pulang kerja. Hal ini mampu menimbulkan tekanan yang terjadi pada punggung bagian bawah.

Mungkin sebagian besar orang hanya menganggap masalah ini sepele. Akan tetapi jika dirasakan setiap hari dan semakin sering, sebaiknya anda perlu tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Banyak penyebab yang bisa menimbulkan sakit nyeri punggung bawah ketika bangun tidur. Anda bisa mengatasinya dengan pola hidup yang baik.

Penyebab Nyeri Punggung Bawah Saat Bangun Tidur

Tidur merupakan aktivitas rutin yang wajib dilakukan. Dengan tidur, stamina dan energi akan kembali pulih. Setelah bangun tidur, seharusnya merasa lebih rileks dan nyaman.

Namun, sayangnya ada beberapa orang yang justru bangun tidur merasakan nyeri pada pinggang bagian bawah. Jika anda salah satu yang pernah merasakannya, mungkin bisa karena salah posisi saat tidur.

Faktanya banyak penyebab yang bisa menimbulkan nyeri pinggang setelah bangun tidur. Salah satu penyebab yang bisa ditimbulkan karena aktivitas sebelum tidur.

Berikut ini ada beberapa penyebab nyeri punggung bawah saat bangun tidur. Sebaiknya anda perhatikan dengan baik agar sakitnya tidak anda rasakan.

Posisi Tidur

Masalah pertama yang bisa mengakibatkan nyeri pinggang bagian bawah yaitu karena posisi tidur yang salah. Pastikan posisi tidur anda dalam kondisi yang baik sehingga dapat menjaga kelengkungan alami tulang belakang.

Jangan biasakan tidur tengkurap karena membuat tulang belakang jadi bermasalah. Selain itu, tidur tengkurap juga menimbulkan nyeri pada leher, punggung, hingga kepala.

Anda bisa tidur dengan posisi terlentang atau miring. Agar nyeri tidak anda rasakan, bisa siasati dengan meletakkan bantal di kedua lutut saat posisi miring.

Kehamilan

Wanita hamil juga rentan terhadap nyeri punggung bawah saat bangun tidur. Biasanya wanita hamil usia kandungan 8 bulan yang sering mengalaminya.

Saat wanita hamil dapat terjadi gangguan otot punggung bawah. Setelah tidur dalam jangka waktu yang lama, rasa sakit justru akan menjadi lebih buruk.

Masalah ini bisa diatasi dengan lebih banyak berdiri. Jika masih berlanjut dalam waktu yang lama, bisa kompres dengan air hangat.

Jarang Berolahraga

Masalah nyeri yang bisa terjadi juga karena anda jarang berolahraga. Bagi anda yang jarang olahraga, akan membuat otot kaku dan berat badan bertambah.

Sehingga beban berat pada punggung bagian bawah akan terasa setelah anda bangun dari tidur. Sebaiknya lakukan olahraga setiap hari meski hanya sebentar.

Aktivitas Berlebih

Meski olahraga adalah cara yang tepat untuk membuat badan sehat dan bugar, namun terlalu banyak juga menyebabkan nyeri punggung bawah saat bangun tidur.

Beraktivitas secara berlebih justru dapat menyebabkan nyeri punggung dan kaku di pagi hari, terutama setelah bangun tidur. Pemanasan dan pendinginan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kekakuan otot saat bangun tidur.

Berat Badan

Berat badan berlebih juga mampu memicu nyeri punggung bagian bawah. Saat bangun tidur maupun beraktivitas, nyeri tersebut bisa datang tiba-tiba.

Agar terhindar dari rasa sakit tersebut, sebaiknya turunkan berat badan menjadi lebih standar. Saat berat badan berkurang, beban yang harus ditopang punggung sedikit berkurang.

Nyeri punggung bawah saat bangun tidur bisa dialami siapa saja. Anda bisa cari tahu apa saja penyebabnya untuk dapat mengatasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *