urimage.net
Ampuh! 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Ampuh! 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Hidung bayi yang tersumbat membuatnya merasa tidak nyaman bahkan rewel. Tak heran karena kondisi ini membuat si Kecil sulit bernafas hingga kehilangan nafsu makan. Penyebabnya pun cukup beragam, mulai dari common cold, influenza, alergi hingga iritasi. Jika sudah begitu Anda harus mencari tahu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Agar buah hati Anda kembali sehat dan merasa nyaman, simak 5 cara ampuh mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikut ini.

  1. Menghirup Uap Hangat

Uap hangat dapat membantu membuka saluran pernapasan si Kecil yang tersumbat, sehingga lendir dapat dengan mudah mengalir keluar. Anda dapat membawa bayi ke kamar mandi, lalu buka keran pancuran dan tutup pintu kamar mandi selama beberapa menit.

Anda juga dapat menggunakan baskom yang berisi air panas, dan biarkan bayi menghirup uapnya selama beberapa menit. Jika tidak, Anda juga dapat menggunakan diffuser yang sudah ditetesi dengan minyak esensial guna membantu melegakan pernapasan.

  1. Menggunakan Obat Tetes Hidung

Anda dapat membeli obat tetes hidung yang mengandung larutan garam di apotek terdekat. Cara memberikannya, posisikan bayi tegak lurus lalu teteskan dua hingga tiga tetes obat pada masing-masing lubang hidung. Jika sudah, baringkan bayi dengan posisi kepala lebih rendah dari tubuhnya.

Larutan tersebut nantinya akan membantu mengencerkan lendir yang kental. Jika lendir sudah encer, gunakan aspirator hidung untuk menarik lendir dari dalam hidung bayi.

  1. Menjaga Kelembapan Ruangan

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi selanjutnya adalah dengan menjaga kelembapan ruangan, karena ruangan yang lembap dapat membantu si Kecil untuk bernapas dengan mudah. Anda dapat menggunakan humidifier di kamar bayi guna menjaga kelembapan ruangan.

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Ketika si Kecil pilek, dirinya akan sangat membutuhkan cairan. Karena itulah penting bagi Anda untuk selalu mencukupi kebutuhan cairannya. Jika bayi masih minum ASI, berikan ASI seperti biasa. Namun jika bayi sudah dalam fase MPASI, berikan makanan hangat seperti sup agar ia merasa lebih nyaman.

  1. Mengatur Posisi Tidur

Sama seperti orang dewasa, tentu bayi akan merasa tidak nyaman jika tidur dalam kondisi hidung tersumbat. Untuk itu, Anda dapat meninggikan kepala bayi agar ia dapat bernapas dengan mudah. Anda juga bisa mengganti bantal empuk dengan bantal yang sedikit lebih keras.

Gejala Bayi Harus Segera Mengunjungi Dokter

Hidung tersumbat memang bukanlah kondisi berbahaya. Selama kondisi ini tidak mengganggu si Kecil dan ia tetap makan dan minum seperti biasa, maka Anda tidak perlu untuk memberikannya obat. Namun terdapat beberapa gejala dimana Anda harus segera membawa bayi mengunjungi dokter.

  • Kesulitan bernapas
  • Demam dengan suhu diatas 38 derajat celcius
  • Pilek tak kunjung hilang selama 3 minggu
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk berdarah
  • Kondisi bayi semakin memburuk

Demikianlah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Semoga cara diatas dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *